Kamis, 26 Agustus 2010

Kasta Dewa

Sekarang lagi jaman-jamannya mahasiswa baru ya. Dari sabang sampe merauke dibukalah pendaftaran buat masuk universitas. Nama dari seleksi masuk sebuah universitas sendiri juga aneh-aneh. Contohnya kampus gue. Banyak banget nama buat penerimaan mahasiswa baru yang dipake kampus gue. Agak aneh aja sih ujian buat masuknya mahasiswa baru dikasih nama seunik mungkin.

Eh, ngomong-ngomong, dari kemaren gue mikir tentang pembagian kampus-kampus berdasarkan tanggepan orang kalo kita ditanya “kulaih dimana?”. Pembagian kampus ini hanya berdasarkan pemikiran gue, subjektivitas gue, dengan beberapa riset kecil-kecilan yang sebenernya gue baru nyadar sekarang-sekarang ini. So, here they are:

Kesatu. Grade yang pertama dan juga yang paling tinggi adalah kalo ditanya ”kampusnya dimana?” trus orang yang nanya “kampusnya dimana?” tersebut bakal ngasih feed back dengan kata “Wiiihhh!!!” ke orang yang ngasih tau dimana ia kuliah sekarang. Orang yang mendapat feed back berupa kata “wiiihhh!!” tersebut, telah berhasil menduduki peringkat pertama menurut pembagian absurd gue. Contoh:

A: eh, sekarang lo kuliah dimana??
B: mmm, di UI/ITB/UGM
A: wiiihhhh!!!! (ting!!! 1 poin)
Pada contoh diatas, walaupun orang yang ditanya ngejawabnya pake nada memelas/dengan jawaban yang lemes, orang yang nanya dimana lo kuliah bakalan tetep ngasih feed back “Wiiiihhhh!!!”

Dalam grade ini juga didukung oleh di fakultas mana orang tersebut kuliah, misalnya:

A: aspakabsar sob!!! Udeh lama nih nggak ketemu, kuliah dimana lo sekarang??
B: di UN...bla...bla....bla (sebut saja mawar, nama disamarkan)
A: mmm, fakultas apa?
B: kedokteran
A: wiihhhhh!!!!! (ting!! 1 poin)

Dan satu lagi yang paling sempurna adalah dimana waktu lo ditanya baik universitas maupun fakultas, orang lain bakal ngasih feed back berupa “Wihhhh!!!!” semua, contoh:

A: bro, tambah cakep aja nih, kulaih dimana sekarang nih brooww??!!
B: ah bisaw ajaw nih brow. Kuliah di UI nih
A: wiihhh!!!!! (ting!! 1 poin) manstap nih, fakultas apaan??
B: kedokteran broww!!! (ada nggak ya anak kedokteran ngomongnya gini??)
A: wiihhh!!! Wiiihhh!! Wihhhh!!! (ting!! Ting!! Ting!! 3 points!!) emang mantep low brow!!!
Biarpun gue sangsi ada anak kedokteran yang ngomong kaya begini, tetep aja kalo yang feed backnya wih tiga kali berturut-turut itu udah ngebuktiin bahwa dia telah menduduku grade pertama.

Beda lagi kalo ada satu jurusan yang misalnya mayoritasnya cowo tapi yang masuk kesana adalah seorang perempuan. Hal ini terjadi sama mbak gue sendiri, jawabannya pasti bejibun “WIIHH!!!”, contoh:

A: eh, kuliah dimana lo sekarang
B: mm, ITB
A: WIHH!!!!, jurusan apa lo?
B: pertambangan
A: WIIIHH, WIIIHHH, WIIHHHH anjrit!!!!! (anjrit disini bukanlah hinaan, tapi pujian)

Kedua. Dalam grade berikutnya, yaitu grade kedua, ketika ditanya “kuliah dimana??”, orang yang bertanya “kuliah dimana??” tersebut bakalan ngasih feed back “ooh” ke orang yang ngasih tau dimana dia kuliah sekarang. Ini dia contohnya

A: woi, kuliah dimana lo sekarang??
B: UGM coy.
A: ooh, fakultas apaan??
B: hukum
A: ooh
Yak, inilah yang terjadi sama gue sekarang. Kalo ditanya kuliah dimana dan fakultasnya apa, orang-orang yang nanya tadi bakalan ngasih feed back big “ooh”. Sebenernya nggak berpengaruh apa-apa sih, tapi dengan jawaban itu kita tau gimana tanggepan orang ke kita.

Ketiga. Dan yang terakhir, yang paling bawah, seorang juru kunci, adalah feed back dengan kata “HAH??”. Ini adalah kasta terakhir dari pembagian yang gue buat. Dalam kasta ini, orang-orang yang memberikan pertanyaan “kuliah dimana??” pasti ngasih pertanyaan lagi berupa kata “HAH?”, contohnya:

A: coy, kuliah dimana lo sekarang??
B: universitas pedigree
A: hah?? Apaan tuh? Makanan anjing?
Hal tersebut akan sangat menyakiti hati si penjawab.

Begutu juga ketika seorang penyanya bertanya tentang fakultasnya jika feed backnya adalah kata “hah?” itu membuktikan bahwa ia berada dalam kasta terakhir yang sangat menyakitkan ini, seperti ditusuk jarum, bagai menyulam kelambu.

A: bleh, kuliah dimane ente sekarang?
B: universitas XXX
A: HAH??!!! apaan tuh? Judul film bokep??
B: anjrit
A: fakultas apaan emangnya lo?
B: BB
A: HAH!!!! buset, pasti dosennya miyabi, apa sora aoi?!! Asia carrera kali ya

Naaahhh!!! Demikian lah pembagian kasta tempat dimana kita belajar sekarang. Gue ngebikin ini bukan buat ngejelek-jelekin yang ngedapet feed back loh, tapi gue ngebuat survei dan pengkastaan ini buat pembelajaran, biar kita nggak salah pilih jurusan yang seharusnya kita pilih. Jadi sekali lagi, yang manakah kasta anda??


2 komentar:

  1. hahaha, lumayan bikinn senyam senyum sendiri di kamar
    universitas gw gak di masukkin nih,padahal kalo orang nanya gw kuliah dimana dan jurusan apa, jawabannya buka "wiiihhh" atau "ooh" tapi "cememememe" , lumayan kan bisa jadi kasta baru,ahhaha

    BalasHapus
  2. satam detector said: "MAYDAY, SATAM DETECTED AT THIS BLOG!!!"
    hahaha

    BalasHapus