Jumat, 09 Juli 2010

toy-o-graph

Selamat malam, salam sejahtera buat kita semua. Sebuah pembukaan yang absurd ya. Sekarang gue balik lagi nulis pake kata pengganti subjek “gue”. Setelah nyoba-nyoba nulis pake kata pengganti subjek “saya”, pegel juga akhirnya, hehe.

Yah, sejak enam bulan yang lalu gue mulai kenal sama yang namanya kamera. Tapi kameranya bukan sembarang kamera. Ini kamera plastik. Kamera yang dari body sampe lensanya terbuat dari plastik, dan kita sering menyebutnya toycam. Toycam itu unik. Seunik perut gue yang bisa kembang kempes. Perut gue juga punya banyak lipetan, ada 6 lipetan, wow. Eh, kok malah ngomongin perut gue ya, oke, fokus lagi ke kamera plastik a.k.a toycam.

Gue pertama kenal sama yang namanya toycam gara-gara nemu tustel (begitulah yang sering disebut ibu gue) di lemari kamar gue. Kejadiannya pas gue kelas 3 SMA. Waktu itu gue belom ngerti bener ini kamera apa. Gue kirain rusak. Walhasil gue bawa lah kamera itu ke fujifilm terdekat (begitulah yang disaranin ibu gue juga) dan ngisi roll filmnya. Di perjalanan, gue merhatiin terus itu kamera. Gue liatin merknya dan gue baru tau kalo merknya fujifim jenis MDL-9 Panorama. Dan sesampainya gue di fujifilm center, kamera gue diisi rol film dengan dibandrol harga 26 ribu rupiah saudara-saudara. What a shit. SATU ROL FILM DIBANDROL DENGAN HARGA SEGITU SANGATLAH TIDAK MEMANUSIAKAN KAMERA SAUDARAKU. Dengan berat hati gue keluarin lah duit 20 ribu dengan niat nipu dia. Dan ternyata mas-masnya sadar kalo gue nyoba mau nipu dia. Dia ngeluarin golok sama ngeliatin bulu dadanya. Hiperbola.

Beres sama mas-mas fujifilm, gue mulai berlagak layaknya fotografer profesional dengan ngacung-ngacungin kamera kemana-mana. Jeprat jepret sono sini, siang malem, pagi sore, gelap terang, bahkan dengan berbugil ria. Semua objek gue ambil, ga ada yang kelewat. Dan singkat cerita, rol filmnya abis. Dengan bangga, lengan dilipat, topi diangkat, pantat di ahambur-hamburkan gue pergi ke fujifilm yang kemaren lagi. Gue niat buat nyetak filmnya ke format hard copy langsung. Gue tinggal sekitar sehari, baru besoknya gue ambil lagi. Dan pas ngeliat hasilnya, gue shock. Item semua. Kaya kulit gue. Astaga. Gue pun nyoba nanya ke mas-masnya

Gue : mas, kok hasilnya item semua, kaya kulit saya
Mas-mas : wah ga tau deh mas (belaga bego)
Gue : lah, kok ga tau sih mas. Ini juga ada yang ngeblur (kalo ini emang gue yang beneran bego)
Mas-mas : kalo blur mah masnya aja yang ngambilnya kurang pas
Gue : kurang pas gimana emangnya mas? Emang bisa dipasin ya? Kaya beli cabe aja mas
Mas-mas : (mulai kesel) ya masnya ngambilnya pas lagi goyang kali
Gue : saya nggak lagi joget dangdut pas ngambilnya mas, lagi diem kok
Mas-mas : (udah kesel) YAUDAH INI MAU DIAMBIL APA NGGAK??
Gue : (pucet) oh, iya-iya mas. Berapa emang semuanya
Mas-mas : 20 ribu
Gue : HAH?? 20 REBUU!! MUKE LO GEMBOK MUSOLA!! Mahal amat mas, mending kalo jadi semua, ini hasilnya item semua.
Mas-mas : wah, emang segitu harganya mas. Nih liat price listnya
Gue : anjirr ,mahal banget
Mas-mas : yaudah kalo ga dibayar nggak saya kasihin nih hasilnya
Gue : yaudah mas, nggak jadi saya ambil deh, buat kenang-kenangan masnya aja (ngeloyor mau pergi)
Mas-mas : ehh, nggak bisa mas, harus dibayar !!!
Gue : lah-lah aneh amat lu mas.
Dan akhirnya gue harus ngasih duit 20 ribu kesayangan gue yang waktu itu emang tinggal duit selembar yang ada di dompet gue.

Tapi hal itu nggak bikin niat gue buat mainan toycam pupus. Dengan banyak ngebaca lisensi, eh, resensi dari internet, majalah, koran, bahkan dari bungkus gorengan gue semakin mencintai kamera plastik. Di jogja, gue malah nemu kamera legendaris dari indonesia, ya dia adalah mister Fujica M1. Kamera yang dulu pernah dijual seharga 15 ribu rupiah dan gue dapet dengan harga 50 ribu rupiah beserta flashnya, cihuyy. Di titik ini lah gue mulai serius berkutat di dunia per-toycam-an. Eksperimen-eksperimen ciamik ditambah dengan ketidak sengajaan yang menghasilkan sebuah gambar under expectation yang aneh tapi enak dipandang dengan mata bukan dengan telinga.

 si mas Fujica M1

Selain itu gue juga masih punya beberapa kamera plastik lainnya. Rata-rata gue dapet kamera plastik dari toko loakan yang harganya Cuma 10 ribuan. Gue pernah dapet fujifilm axion. Kameranya emang udah rada elektrik, soalnya udah harus pake batre. Gue kira hasil fotonya bakal nggak memuaskan, tapi pas gue lihat hasilnya, vignetnya oke punya cing. Item disudut kanan kiri atas bawah, 2 thumbs up buat nih kamera cebanan.

Oh iya, disini gue mau nerangin juga nih ke pembaca. Mungkin banyak yang ngira kalo toycam itu pasti lomo. Sebenernya toycam itu bukan berarti lomo. Lomo itu adalah sebuah merk dagang. Contoh kecilnya kalo di dunia perindustrian motor ada yang merk honda. Honda pun ngeluarin berbagai jenis tipe motor, kaya vario, beat, supra, dan lain-lain. Lomo juga demikian. Lomo disini kita ibaratkan sama kaya honda. Kalo honda ngeluarin tipe motor, tapi kalo lomo ngeluarin tipe-tipe kamera, seperti LC-A, Diana F+, Holga 135BC, Fisheya dan lain-lain. Biasanya orang nanya-nanya, “eh, itu yang lo pegang lomo ya?? Itu kan lomo bukan holga”. Nah, disini gue mau ngejelasin sekali lagi kalo lomo itu adalah merk dagang .

Eh, sekarang gue udah mulai nyoba-nyoba DSLR, hehe. Kemaren baru dapet canon 500d. Siap buat belajar lebih dalam dan take some street pictures, cheers.


 senjata super baru nih, hehe

3 komentar:

  1. endhiiiii, itu tukang loak dimana? gue juga lagi nyari2 toycam murah. hahaha

    BalasHapus
  2. di jogja riz, makanya jalan2 lagi lah ke jogja, hahah

    BalasHapus