Selasa, 11 Agustus 2009

JA - KAR - TA

“kamu udah tega ndi ninggalin ibu?”, kata-kata ibu gue pas lagi packing barang-barangnya buat ke jogja besok nganterin gue pindahan. Besok gue emang udah pergi ninggalin Jakarta ke jogja buat kuliah. Gue keterima di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada lewat jalur kutil, eh UTUL kemaren. Pertamanya gue emang seneng banget naujubile. Gue keterima di Universitas yang emang gue dambain dari kecil, UGM. Daftarnya aja harus pake perjuangan yang tak terbayangkan (lebih dah gue). Gue daftar ujian UGM kira-kira seminggu sebelom bates akhir pendaftarannya. Waktu itu gue lagi di studio dewata deket rumah sama BRB, si satam sama bleki ngomongin tes UGM. Gue, yang emang ga tau informasi sama sekali cuma bisa planga plongo kaya sapi salah kandang. Trus si satam nanyain gue ikut apa nggak, ya gue jawab aja nggak. Lagian juga ibu gue bakalan nggak setuju kalo anaknya yang super duper ciamik dilepas ke luar Jakarta. Sebelomnya juga di sekolah si Gilang nanyain gue ikutan tes UGM apa nggak, dan gue juga jawab “nggak dah lang”. Tapi pas hari itu, pas gue abis ngeband, ada rasa pengen nyoba buat ikutan tes UGM. Yaudah, gue niatin hari itu buat daftar UGM. Tapi, pas gue tau dari satam kalo daftar UGM itu harus bayar dulu buat dapetin nomer pin, gue simpen lagi tuh niat dalem-dalem. Di dalem studio, gue cuma bisa mikirin daftar, nggak, daftar, nggak dan seterusnya. Selese ngeband baru gue udah bisa ngebuletin niat kalo gue harus nyoba, toh ga ada salahnya kalo nyoba, kalo gagal 200ribu ini yang melayang bukan 2juta (sebenernya pengen nangis gue ngedengernya, 200ribu meen, bisa buat makan di warteg barokah sampe beol nasi warteg + lauk-lauknya yang tadi gue makan lagi tuh). Pas gue tanya satam bayarnya dimana, dia jawab harus di atm mandiri. Satu lagi cobaan menghadang niat hambamu ini ya Allah. Gue ga punya atm, nabung dirumah aja masih sering ilang apalagi di atm, bakalan ludes tuh duit dalam waktu 2 hari doang buat makan warteg. Apalagi atm mandiri, seisi rumah gue atmnya cuma BNI sama LIPPO doang, emang keluarga bnilippo dah. Setelah berfikir sangat-sangat keras sekeras ee’, gue nemu ide yang sangat cemerlang bin brilian, gue minjem duitnya ardi buat daftar UGM, hehe. Apalah arti sebuah persahabatan kalo ga bisa minjemin duit (gue kesel sama ni pepatah, tapi kadang-kadang gue seneng, hehe). Dengan muka sedikit kesel, mulut keluar conge, mata keluar ingus, kuping keluar iler, akhirnya ardi mau minjemin gue atmnya buat ngebayar pendaftaran UTUL UGM. Yeay, dunia ini begitu indah. Keluar dari mesin atm, idung gue kembang kempis dan gue nyengir ke dia dan janji kalo besok siang bakalan gue balikin duitnya. Besoknya, gue balikin duitnya ardi, dan gue ga jajan seminggu lebih, soalnya yang gue balikin ke ardi itu duit jajan gue yang udah gue kumpulin. Waktu itu gue pengen beli sesuatu tapi lupa apa. Sampe beli bensin aja gue harus ngambil duit recehan yang biasa gue kumpuliln di gelas samping tv ruangan tengah rumah gue. Payah bener hari-hari abis gue daftar UGM, gapunya duit, ngandelin bekel ibu gue yang gue bawa kesekolah, sama nyomotin bekel temen-temen sekelas gue, baca : riska, vinna, raefel(ai miss yu all my pren, La’Ciour). Kalo gue bilang ke ibu gue juga, mungkin harus pake tahap penceramahan dulu sebelom ngedapetin duitnya, gue males diceramahin.

Setelah pergulatan yang sangat panjang dengan bagaimana cara daftar UGM, gue juga harus verifikasi pendaftarannya di SMA N 70 Bulungan. Gue harus pergi di hari jumat bareng Satam, Willy, Coro, Gilang sama Ucup. Dengan segala perjuangan dan ketololan biar bisa keluar dari sekolah, mulai dari ijin sama wali kelas dulu, nyerahin surat orang tua, sampe harus nelponin orang tua biar bisa keluar dari sekolah buat verifikasi, akhirnya pihak sekolah yang notabenenya sekolah terbagus di wilayah cijantung dan sekitarnya itu ngijinin kita semua ke 70 buat verifikasi. Dari 7 orang yang verifikasi di 70 dan barengan, sayangnya cuma 2 makhluk idiot yang bisa lolos kuliah di UGM, gue sama willy. Gue di Fakultas Hukum dan Willy di Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Inggris. Pengumuman lolos masuk UGM juga gue ga ngeliat langsung, yang ngeliat pertama tuh satam. Ceritanya, pas hari jumat sebelom pengumuman (seinget gue pengumuman UGM itu hari sabtu), Bira sms satam ngasih tau kalo pengumuman UGM dari jalur UTUL udah ada. Bira juga sms kalo dia ga lolos. Dengan segala ketololan gue dan satam, gue liat lah tuh website UTUL UGM. Yang gue liat disana, ada pengumuman buat yang jalur apa tuh gue lupa. Pertama satam yang masukin nomer ujiannya

Gue : mana tam pengumumannya ?
Satam : Noh, ada yang jalur blablablabla
Gue : Ah, kita kan jalur utul tam, bukan yang ini.
Satam : Tadi kata Bira udah ada kita coba aja dah
Gue : Yaudah tapi lo duluan yak
Satam : Iyee, tar gue ambil nomer peserta gue dulu (satam masuk kamarnya buat ngambil nomer peserta)
Gue : Cepetaaan taaaamm !!!!
Satam : Sabar (keluar dari kamarnya, terus dia duduk di kursi kompi nya, nyenggol gue pake pantatnya dan gue hamper jatoh diseruduk banteng gila). Minggir coy, gue liat dulu nih. (ngetik nomernya). Yaaahh, gue ga lolos !!! ahh payah daahhh !!!
Gue : Yauda sini gue juga ngeliat dah, gue nyatet nomer di hape nih (ngebales ngegeser satam dari kursi kompinya, tapi gue ga bisa soalnya dia pake lem power glue biar pantatnya nempel terus di kursi kompi ga ada yang ngegeser). Nih tam, liat babang. (ngetik nomer, dan…..) Yaaahhhh, gue ga lolos juga tam, kepet ahh. Udah daftar susah-susah, ahhhh.

Tau-tau ga ada angin, ga ada traktor, ga ada kentut, semua hening. Gue sama satam tengok-tengokan, langsung teriak “BUKAAN INII PENGUMUMANNYA !!!!!, BESOK BARU PENGUMUMAN, SI BIRA MABOK KALI !!!!!”, dengan segala kegelisahan, gue masuk kamar satam buat ngadem lagi. Satam pengen bangun dari kursinya tapi dia ga bisa, salahnya sendiri ngelem pantat banteng di kursi kompi, makan tuh lem (adegan ini hanya di dramatisir, jangan meniru adegan ini dirumah tanpa pengawasan ahli).

Besoknya, gue ga mau ngeliat pengumuman di internet cepet-cepet. Gue takut, beneran gue takut. Takut duit gue yang udah gue keluarin buat daftar UTUL sia-sia. Gue emang udah pasrah kalo gue bakalan dapet yang pilihan ketiga gue, antropologi budaya. Gue milih jurusan di UGM tuh asal-asalan, coba aja, pilihan pertama gue Hukum , dan pilihan kedua Psikologi, what a shit. Udah jelas kalo psikologi UGM itu diatasnya hukum, eh gue malah ngenomer duain si psikologi. Pas tes masuknya juga gue asal-asalan ngerjain tesnya. Gue ngerjain tes kemampuan dasar dengan cukup berani. Matematika cuma gue isi 8 nomer doang, dan gue cuma yakin di 2 nomer, haha. Iya kalo dua-duanya bener, kalo salah semua, mampuslah gue. Bahasa inggris gue isi semuanya, padahal soalnya susah gila. Vocabnya nyusahin, bikin orang pengen muntah, uek. Cuma bahasa Indonesia doang yang gue isi semuanya dengan pertimbangan mantap nan sigap. Semua gue isi tanpa keraguan sedikit apapun. Begitu mulai tes TPA, gue mulai seneng, soalnya malemnya gue selain belajar bahasa Indonesia tok, gue juga buka-buka buku soal-soal stan yang emang isinya logika-logikaan. Gue ngerjain dengan cukup, ehem, cuepet boo. Biar gimanapun juga, gue tetep ga pede sama jawaban gue waktu tes. Pikiran gue, gue ga bakalan lolos masuk UGM, eh, taunya yeay, saya lolos !!!! Balik lagi ke masalah cara gue dapet info kalo lolos UGM, pagi-pagi sekitar jam 8 pagi, gue baru bangun dari tidur panjang nan lalap, eh, lelap. Gue ngeliat hape kesayangan gue, Nokia 3650 warna coklat nan nikmat yang emang selalu ada disamping gue kalo gue tidur, ada 1 new massage. Gue buka tuh sms, trus gue baca.

From : TmbndSatam
Selamat, anda diterima sebagai mahasiswa baru UGM Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum.
Gila lo ndi, mantap. Gue kaga lolos, hehe.

Gue bangun langsung nlepon satam. Gue pikir dia ngibul, eh taunya bener. Dia sampe berani sumpah euy, hehe. Abis itu, gue langsung cabut ke warnet deket rumah buat nyari tau beritanya. Eh, ternyata bener, Endhi Wirawan Wicaksono telah diterima di UGM Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, waaaa, serasa terbang dah gue, untung aja gue diiket pake batu dibawah, jadinya gabisa terbang deh, hehe.

Abis ngeliat pengumumannya, hal yang pertama gue liat adalah, biaya pendidikan. Kalo emang biayanya mahal semahal UI, mungkin gue lebih milih kulaih di UI daripada UGM, sebelomnya gue emang udah di terima di UI di FISIP jurusan Antropologi Sosial. Tapi pas gue liat, wiih, murah rek !!! biaya persmester cuma sekitar 1,5 jutaan doang. Dibanding ui yang sampe 5 jutaan mending kuliah di UGM yang bayarnya sedikit lebih murah. Abis itu, gue nelpon bokap buat ngasih tau kalo anaknya masuk di UGM, dan bokap gue terlihat bahagia. Sebelomnya orangtua gue emang udah tau kalo anaknya mau ikutan tes UGM, mereka gue kasi tau 4 hari sebelom gue tes. Selain nelpon bokap, gue juga ngeliat jadwal kegiatan apa aja yang bakalan dilakuin anak UGM yang baru masuk, dan kegiatannya adalah daftar ulang. Daftar ulang diadain di GSP, gedung serbagunanya UGM. Abis daftar ulang, kegiatannya adalah tes TOEFL-Like buat anak-anak yang lolos di UTUL, dan gue kedapetan tanggal 1 Juli 2009. Abis daftar ulang, tanggal 2 Juli 2009 adalah hari yang sedikit banyak bisa menggoyangkan hidup gue, gue belom rejeki buat dapetin AKPOL. Tapi gapapa lah yang penting gue udah dapetin UGM, daripada nggak sama sekali. Kegiatan berikutnya adalah, pengambilan jaket almamater yang baru aja gue lakuin hari senen kemaren. Kali ini gue ke jogja bareng sama Willy, bocah ajaib. Banyak kegoblokan yang dilakuin willy di jalan, mulai dari cerita-cerita aneh soal keluarganya sampe dia ngerokok di pombensin sama stasiun kereta yang emang udah jelas ada tulisan raksasa DILARANG MEROKOK-nya, dan dia baru sadar pas rokoknya udah dimatiin, dasar batak ajaib.

Dan kegiatan yang harus gue lakukan berikutnya adalah, pindahan ke Jogja. Gue pindahan kesana tanggal 7 Agustus 2009, rencana jam 4 pagi. Gue harus ninggalin Jakarta untuk sementara yang ngasih gue banyak pengalaman. Mulai dari temen-temen kecil yang super aneh, yang doyannya ngegodain bencong di raya bogor kalo malem minggu. Tambun, my tiny place, huge-inside friends, yang selalu bikin gue ngakak kalo lagi bareng mereka, dan segala tempat tongkrongan dari mas-mas rotbak (roti bakar) sampe yang baru jadi langganan; serabi Arundina, dan banyak lagi. Jakarta, tempat gue belajar, ngejar-ngejar cewe di SMP sampe ngebeliin (baca:ngerampok dari rumahnya bleki) dia kelinci dan akhirnya gagal ditengah jalan karena dideketin sama temen sekelas gue dan gue harus ngalah gitu aja ga berkutik, sampe ngejar-ngejar cewe di jaman-jaman SMA yang juga harus gagal (lagi) ditengah jalan karena hape gue rusak (LCDnya tinggal ¼ bagian), sms gue ga dibales-bales, ketakutan gue buat ngomong sama orang yang lagi gue deketin, dan banyak banget alesan laen. Nyatronin gramed sendirian buat baca buku dari pagi sampe sore dan gue cuma bayar parkir doang, ngebenerin motor gue di bengkel langganan (mas rusdi sama bang dayat, makasih mas udah sabar ngebenerin motor gue yang penyakitnya lampu terus), beli es kelapa batok di danau cibubur yang harganya gocengan tapi isinya buanyak, ngeband bareng BRB, wifian di serabi, berantem sama bokap gara-gara laptopnya gue bawa pas waktu dia ngecharge dan batrenya belom full, diteriakin ibu gara-gara pulang malem, ngasih makan burung perkututnya bokap, lari sore di lapangan sos deket rumah, nonton tv sampe jam 3 pagi, main layangan sampe ngejebolin genteng rumah dan gue ngebikin kamar bokap gue bocor kalo lagi ujan, main gitar di kamar sambil triak-triak ga jelas, muter-muter Jakarta siang-siang sendirian pake motor butut gue, bercanda waktu khotib ceramah jumat di masjid rumah gue sama temen-temen kecil yang sekarang udah peda berubah jadi jenggotan, dan banyak lagi kenangan di Jakarta dari gue kecil sampe sekarang udah kumisan. Once again, I love you, Jakarta.

ditulis 3 jam sebelom gue pindah ke Jogja.

1 komentar:

  1. hai kak..
    salam kenal yak,,
    baca tulisan blogmu lucu juga ya,,
    brarti sekarang jadi mahasiswa ugm dun?
    soalnya sekarang aku kelas tiga sma dan pengen banget masuk UGM..

    btw,,keep on good writing ya kak..

    BalasHapus