Jumat, 31 Desember 2010

hutang

euforia tahun baru bagi sebagian besar orang itu penting. Banyak yang menganggap bahwa tahun baru adalah waktunya merayakan kedatangan tahun yang baru dan melupakan tahun yang lama, bahkan melepaskan apa yang terjadi di tahun yang akan ditinggalkan. Banyak juga yang bergembira hingga mereka melupakan apa yang sebenarnya sangat urgent dan harus dilakukan. itu adalah kutang, eh bukan, utang!!

iya bener, utang. seberapa inget sih kalian sama utang-utang kalian. utang itu nggak cuma materi loh, utang budi, utang terima kasih, orang utang, dan utang-utang yang lainnya. jujur, gue adalah orang yang kadang-kadang sering ngutang terutama utang materi, oke bahasanya kebagusan kalo materi, ngutang duit lebih cocoknya. dari jaman sd sampe sma, mulai dari abang asongan jual mainan sampe abang angkot sering gue utangin.

kita mulai dari jaman sd. SD gue letaknya nggak jauh dari rumah. kalo jalan sih sekitar 5 menit sampe (itu kalo nggak dikejar anjing tetangga, kalo dikejar bisa sampe 3 menit). waktu SD, gue adalah orang yang lumayan sering bawa bekel ke sekolah. Dan gara-gara sering bawa bekel ke sekolahan, gue nggak dikasih banyak duit jajan yang banyak sama nyokap. Sehari paling dikasih 500 perak (kalo jaman dulu udah bisa dapet nasi uduk satu porsi sama es teh, sekarang?). Gue dulu paling seneng sama mainan-mainan action figure karet yang dijual sama abang-abang mainan, khususnya si robin, temennya betmen. iya si robin yang bajunya merah dan pake kolor warnanya ijo. Belakangan gue juga baru sadar kalo sindrom make kolor yang warnanya ijo itu gue dapet dari si robin. oke, abaikan si kolor ijo.

Gara-gara super senengnya sama si robin dan nggak punya duit buat ngebeli mainan, gue dengan idung ingusan memberanikan diri bilang ke abangnya kalo mau ngebeli mainan robin itu dan ngebayarnya besok alias utang a.k.a barbes (bayarbesok). Tanpa pikir panjang, yang sebelomnya gue kira abangnya nggak mau ngasih tuh mainan tetapi dengan segala hormat dia mau ngash itu mainan. Dan hati ini pun berbunga-bunga, seperti romeo yang menemukan joliet, seperti pangeran kodok yang dicium putri cantik, dan seperti abg yang baru ngerti gimana caranya make lipstik. Parahnya lagi, gue cuma ngasih DP ke abang-abangnya 500 perak doang, sebanyak duit jajan hari itu. dan sekali lagi sodaraku, abangnya beneran mau!!! mungkin karena ngeliat muka absurd gue kali ya, atau dia mikirnya muke gue mirip anaknya yang ilang setaun lalu karena ngidam dibeliin mainan robin? who knows?

besok-besoknya, pas lagi punya duit dan udah berhasil ngumpulin duit, gue berniat baik buat ngebayar utang ke abang-abang tadi. Tanpa dinyana, tanpa disangka, ternyata si abang-abangnya udah nggak jualan di depan sd. kemana itu abangnya?? nyariin anaknya yang ngidam mainan robin kah? lari gara-gara ketauan maling sendal di sd kah? atau bunuh diri karena ada anak curut yang nggak mau bayar utangnya?? oh tuhan, maafkanlah aku sebagai anak curut yang bandel. hanya engkau yang bisa membalas kebaikan abang-abang mainan itu tuhan.

dan di masa sekarang? gue (mudah-mudahan) jarang ngutang dan usaha buat ngelunasin utang dengan cara apapun, baik itu duit, janji dan sebagainya. so, bagaimanakah dengan utang anda?? bentar lagi 2011 loh, 2012 juga tinggal selangkah lagi, hidup utang kutang!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar