Selasa, 01 Juni 2010

dangdut?

Dangdut?? Hemm. Sebuah aliran musik asli Indonesia yang selalu identik sama bang roma irama. Ya, roma irama. Saya kenal bang roma irama dari sd (kayanya bakan pastinya bang roma juga ga kenal sama saya). Waktu sd dulu, saya sering nonton filmnya bang roma irama. Sayangnya saya Cuma apal segelintir lagunya bang roma irama yang nyanyiannnya “rambate rasa hayo”. Saya juga ga tau apakah itu judulnya beneran apa enggak. Kata mbah saya yang sering jagain saya waktu sd, setiap ada lagunya roma irama yang rambate rasa hayo itu, saya pasti langsung ngambil sapu dan joget joget ngacung-ngacungin itu sapu. Untung aja saya nggak jungkirbalik-salto-sambil kayang juga. Waktu smp juga saya sempet berkhayal punya jenggot kaya bang roma irama. Tapi pas saya tanyakan sama bapak saya, katanya sampe saya nangis yang keluar susu ultra juga ga bakalan bisa punya jenggot kaya bang roma. Paling mentok juga kumis lele yang numbuh diatas bibir saya. Dan ramalannya tepat banget.

Saya juga seneng sama lagunya almarhum meggy z yang ada menyulam-menyulamnya. Walaupun lagu dangdut jaman dulu terkesan cengeng tapi musik mereka lebih terkesan rapih. Coba bandingkan sama lagu dangdut sekarang. Saya cenderung lebih ngelihat para penyanyi dangdut khususnya yang perempuan dari pada suara mereka. Subjek jualannya bukan pada suara mereka, tapi badan mereka. Rambut pirang mirip anak kampung yang sering main layangan, baju kekecilan kaya nggak punya duit buat beli bahan, sama muka yang pas-pasan. Kalo urusan baju yang kekecilan sih masih bisa saya maklumin lah, soalnya saya juga suka ngeliatinnya, hehe. Tapi kalo dandanan udah heboh, rambut warna-warni, make up setebel cor-coran jalanan beton, suaranya mirip klakson motor saya kalo kehabisan aki, mending banyak-banyak bertapa di wc kosan saya dulu deh. Sebenernya mereka itu mau nyanyi apa mau fashion show sih?? Emang bener kalo entertainer khususnya penyanyi itu harus didukung sama bodi yang oke sama pakaian yang yahud punya, tapi apakah modal utama dalam bernyanyi itu hanya bodi sama mode?? Suara sebagai aset utamanya dikemanakan kawan?? Music sebagai alat penopang utamanya dilarikan kemana?? SUDAH GILA NEGERI INI, SAYA PUN BINGUNG INI MATIIN CAPSLOCKNYA GIMANA LAGI??

Kalo urusan lagu-lagu dangdut, saya lebih milih yang orkes. Orkes PSP, orkes PMR atau The Nunung CS pun saya suka. Mereka menyajikan orkes dangdut yang sebenar-benarnya dangdut. Mereka bermain music dengan hati, tidak semata-mata money oriented, segala hal tidak mereka nilai dengan uang, tapi kreativitas. Saya kenal sama lagu-lagu dangdut orkes juga dari jaman sd. Waktu itu saya juga sering nonton filmnya Warkop DKI yang ada orkes-orkesnya. Sejak saat itu, saya jatuh cinta sama music orkes. Kalo The Nunung CS saya kenal dari mbak saya. Tau-tau ada satu album di computer saya pas saya masih sma. Saya coba dengerin , dan saya jatuh cinta.

Sebenrnya di jogja ini saya punya cita-cita buat ngebikin band orkes. Mirip sama PMR, Sebenrnya di jogja ini saya punya cita-cita buat ngebikin band orkes. Mirip sama PMR, PSP, dan nunung cs. Saya mau ngebawa nuansa orkes yang banyolannya labih kearah budaya betawi ke jogja. Tapi saya bingung, siapa yang mau saya ajak main sirkus (baca: main orkes) di jogja ya? Adakah yang mau daftar?

 santai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar